Rabu, 11 Mei 2011

THOWAF WADA'

WISATA HATI --------> part 13

Sebenarnya kami berdua ingin sendirian mengucapkan perpisahan pagi itu, selesai subuh. Namun karena diburu waktu mengemas bagasi, akhirnya kami ikut rombongan bis 1 ŷanğ dijadwalkan usai sarapan.
Semuanya ikut, rombongan kecil kami serempak memakai baju putih-putih.

Sepanjang thowaf air mataku tak berhenti mengalir, ªku sering menyembunyikannya dari anakku ŷanğ sesekali melihat ke arahku. "Mama menangis?" katanya curiga, "Besok-besok kan kita bisa ke sini lagi, Ma.." ªku dengan segera meng-amininya.

Thowaf wada' sama seperti halnya melakukan thowaf sunnah, dilakukan sebagai ibadah ŷanğ terakhir kali dilakukan di masjidil harom, maka dinamakan thowaf perpisahan.

Usai thowaf kami berdo'a di hadapan pintu Ka'bah, sepuasnya. Tak kuhiraukan rombongan ŷanğ sudah bergerak kembali ke hotel. ªku benar-benar masih ingin berlama-lama di situ.
Kuulangi lagi do'a-do'ªku sepanjang thowafku, saat usai dhuha, asar ataupun sesudah malam datang.. Kakiku masih mampu mengitari bangunan suci itu dua tiga kali lagi, namun hari ini ªku harus menyudahinya..
ªku tak rela...maka ªku meminta Allah mengundangku kembali..

Kupandangi Ka'bah ŷanğ tampak wibawa dengan jubah sutra hitamnya, berhiaskan sulaman benang emas. Pintunya kokoh menyambut ribuan do'a ŷanğ terfokus pada_Nya, dalam medan maghnet al multazam, diantara pintu dan batu surga.
ªku beruntung telah menggapainya.
Kuingat perjuangan kami saat itu..

Alloh... ªku bersyukur sudah menerima kado terindahmu..
Alloh... hanya karena seijin_Mu, kami sudah menikmati perjamuan istimewa dari_Mu...

Pusaran orang-orang itu hendak menyeretku kembali, ªku mengikutinya sambil menghampiri maqom Ibrahim, mengintip jejak tapak kaki itu untuk terakhir kalinya.
Kerumunan manusia berdesakan memenuhi hijr Ismail, ªku hanya bisa memandanginya dari jauh.

Kulihat semua rombongan kecilku memuaskan diri meminum air zam-zam, anak dan suamiku malah mengguyurkannya ke rambut mereka.
Kami juga mengambil foto sepuasnya. Namun sayang tak satupun foto ŷanğ memuat gambar kami bertiga, ªku, suami dan anakku. Duuh .. Memang harus diulangi lagi ini.. ^.^

Sambil menuju hotel, kupuaskan memandangi Ka'bah, platarannya, tangga masjid, suasana dalam masjid ŷanğ penuh orang-orang membaca Al Qur'an, bercakap-cakap ataupun sekedar mengagumi Ka'bah dari tempat duduknya.

Di luar masjid, beberapa foto juga masih kami ambil, anakku masih berlari-larian lepas di plataran ŷanğ luas itu. Semua berlapis marmer, megah...
Subhanallah...

Allah...dengarlah ªku, ªku ingin kembali lagi...

Tidak ada komentar: