Rabu, 11 Mei 2011

BERTEMU ARTIS DAN KE MUSEUM KA'BAH

WISATA HATI -------> part 11

Jadwal ke museum adalah tentatif, jika diijinkan, kami mengunjunginya. Alhamdulillah, ternyata rombongan kami diijinkan melihat museum Ka'bah. Kami disarankan memasuki museum usai magrib.

Kami berangkat sesudah sholat asar, tujuan pertama adalah bertemu dan berkenalan dengan artis padang pasir, siapa lagi kalau bukan unta. ^.^
Ada banyak peternakan untuk tersebar di sepanjang gurun di Makkah, kami mengunjungi salah satunya, kamipun disarankan mencicipi susu unta, hmmm...

Begitu sampai, aroma mirip kandang sapi menebar, beda tipis...^_^
Anak-anak serentak berusaha memegang binatang berbadan besar itu, mereka juga berebut memberi makan dengan rumput kering ŷanğ sudah dipack padat segi empat. Sepertinya, mereka mendatangkan rumput-rumput itu dari luar Arab, mengingat sepanjang perjalanan tak pernah kutemui padang rumput.




Binatang-binatang itu bersih dan jinak, ªku beberapa kali memegang dan membelai mereka. Apalagi ŷanğ masih kecil, terlihat lucu, memandangi kami ŷanğ juga terheran-heran takjub melihatnya. Bulu mata mereka lentik, maka jika memakai maskara dan pelentik bulu mata, sesungguhnya kita meniru keindahan dan kelentikan bulu mata unta.. ^.^..



Ada dua orang sedang sibuk menakar susu, teman-teman serombonganku membelinya, rata-rata dua botol. Hmmm..penasaran dengan rasanya..
Ternyata mirip santan, gurih dan tidak amis. Tapi, ªku cukup mendengarnya dari anak dan suamiku, ªku sendiri sudah eneg mendengarnya..
Kami membeli 4 botol seukuran 6oo ml. Maklum, ternyata 4 pasukan kecilku menyukai rasa susu unta.



Menjelang maghrib kami mengucapkan goodbye pada artis-artis cantik, unta padang pasir. Perjalanan kami lanjutkan ke Hudaibiyah.


Di tempat itu hanya tinggal reruntuhan bangunan tempat perjanjian hudaibiyah dilakukan. Kami hanya mengambil foto berlatar belakang bekas reruntuhan bangunan bersejarah tersebut. Disebelahnya terdapat masjid tua, kami melaksanakan sholat maghrib berjama'ah.

Tak seberapa jauh bis sudah memasuki areal parkir Museum, kami disambut seorang petugas ŷanğ berbicara ala Indonesia, "Ini jama'ah umroh dari Indonesia dan dipersilahkan untuk masuk ke museum Ka'bah, silahkan atau monggo.."..
Serentak kami semua tertawa, petugas menjadi salah tingkah karena menjadi sasaran beberapa kamera kami.

Isi museum terdiri dari beberapa foto dan dokumen sejarah, pintu, pilar, kain penutup dan beberapa benda-benda ŷanğ dahulunya adalah bagian dari Ka'bah, mereka diganti secara berkala.



Pintu masjidil haram juga ada, jam menara, tangga Ka'bah (dahulu pintu ka'bah berada di sisi samping atas), denah Ka'bah, liang emas batu hajar aswad dan masih banyak lagi.






Ada satu gambar ŷanğ membuatku takjub, ternyata air zam-zam muncul dari celah-celah batu cadas. Dalam foto itu, air seolah keluar dari batu, subhanallah...

Sayangnya waktu kami hanya setengah jam, kami harus bergantian dengan antrian banyak orang ŷanğ sudah menunggu diluar museum. Beruntung jepretan kamera kami bisa memuaskan kami melihat benda-benda berharga itu.

Malam terasa cepat berlalu, kami harus segera mengejar isya berjamaah di masjidil harom.

Tidak ada komentar: