Jumat, 10 Juni 2011

Kenali Agar Tetap Sehat

Ini catatan sederhanaku tentang kesehatan, hasil dari membaca sana dan sini, maklum aku dan anakku 'takut' dokter. Jadi sejak lahir sampai sekarang, kami lumayan jarang pergi ke dokter. Alhamdulillah, memang kami jarang sakit selain flu, batuk. Kalaupun agak berat dikit, tak jarang aku agak nekat bertanya ke apotik dan cari-cari tahu tentang kemungkinan penyakitku. Hiiks...jangan ditiru ya...banyakan menyerah ke tangan dokter sih akhirnya....

Sebenarnya sehat dan tidaknya seseorang dapat dilihat dari ke 4 organ tubuhnya, yaitu limpa, hati, usus besar dan ginjal. Jika seseorang dinyatakan sehat ke empatnya, dia akan terbebas dari beragam penyakit, kanker, kencing manis, jantung dan tekanan darah tinggi.

Ada baiknya kita intip cara kerja sederhana 4 organ vital tersebut, karena dengan begitu, akan diketahui dimana sebenarnya masalah kesehatan yang kita punyai.

Ada 3 kebiasaan yang menyebabkan keempat organ hati  itu bermasalah :
- Kurang tidur
- Makan makanan berminyak
- Suka marah.

Mari kita telusuri teori sederhananya:

- Ketika tidur, limpa mengumpulkan cairan darah dan dikirimkan ke hati untuk dibuang kandungan racunnya.  Darah bersih kemudian dikirimkan ke jantung, jantung memompakan darah ke seluruh tubuh, tujuannya adalah agar setiap tempat yang tercapai oleh darah mendapatkan gizi, sehingga tubuh terjaga tetap sehat.
Sayang sekali, banyak orang sekarang kekurangan waktu tidurnya, padahal saat tidur, limpa kita menjalankan fungsinya, yaitu mengumpulkan darah.

- Minyak dapat membungkus organ hati, ketika kita menyantap makanan berminyak, lapisan minyak akan membungkus organ hati, membuat organ hati tidak berfungsi, maka banyak anjuran agar kita tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan berminyak.

- Kalau makanan yang masuk ke dalam badan tidak dikeluarkan dalam jangka waktu 12 jam, akan berubah menjadi zat beracun. Racun yang tidak dibuang keluar ini akan diserap oleh dinding usus besar, racun yang terserap ini akan dikembalikan oleh pembuluh balik ke hati, itu sungguh celaka! Berakibat kerusakan hati yang bermasalah besar.
Maka, masalah hati berhubungan dengan usus besar, asal usus besar lancar, hati akan pulih dengan sendirinya, sistim kekebalan tubuh juga pulih, darah yang dikirimkan ke jantung juga bersih, tubuh akan sulit terserang penyakit.

- Ginjal adalah organ penting untuk metabolisma, pembuangan racun. Cairan darah dalam tubuh melewati ginjal sebanyak 20 kali perjam, kotoran metabolisma dari darah disaring oleh ginjal menjadi urin untuk dikeluarkan dari tubuh. Kalau fungsi ginjal bermasalah, pinggang akan terasa linu-linu karena dalam cairan darah ada racun urin, tekanan darah tinggi, infeksi saluran kencing, lelah, sulit tidur, telinga berbunyi, rambut rontok, pandangan mata kabur, refleks tubuh berkurang, suka muram, sering merasa cemas, bahkan berpikiran bukan-bukan.

Jika sudah cemas, berpikiran yang macam-macam, susah tidur, tekanan darah tidak normal dan akhirnya mengganggu sistem kerja organ penting yang lainnya, begitu seterusnya.
Daripada tekanan hidup, tekanan batin, masalah lingkungan, kelelahan mengganggu pikiran kita dan mendatangkan masalah besar pada kelenjar ginjal dan hormon, membangkitkan penyakit dalam sistim kekebalan tubuh, yuuuuk ah kita pakai menulis dan menulis.....
Jaga makanan yang kita makan, istirahat yang cukup, mengelola pikiran, olahraga  dan minum air putih secukupnya....kayaknya nasehat ini sudah sering didengar ya?...
Hmmm ternyata masuk akal...
Berfikiran positif , tidak mudah marah dan menanggapi tersenyum setiap permasalahan yang datang....

Tidak ada komentar: