Minggu, 06 Maret 2016

MEMBEDAKAN LOBSTER JANTAN DAN BETINA

Cukup mudah kok membedakan mana lobter yang jantan dan betina, gak perlu harus berani memegangnya. . .he he. . sampai saat ini aku juga belum berani memegang lobter dewasa.

Untuk anakan di bawah 3 atau 4 bulan, belum terlalu kelihatan visual penampakan jenis kelaminnya. namun diatas usia tersebut sudaha dapat terlihat dari capit sebelah luarnya yang terlihat berbeda antara jantan dan betina.

Lobter jantan jenis redclaw  mempunyai capit sebelah luar yang terdapat  bercak berwarna merah, capitnya lebih besar, kepalanya juga sedikit lebih besar dari betina. Tanda merah ini juga menandakan lobster telah siap kawin, walaupun masih tergolong indukan muda. Jika terjadi pernikahan dini, anakan yang dihasilkan tidak terlalu banyak.
Sebaliknya, lobster betina mempunyai capit yang lebih kecil dari jantan, kepala juga lebih kecil.

Selain itu dapat dilihat juga perbedaannya dengan cara memegang bagian kepala lobster, lihat bagian bawah tubuhnya, perhatikan pada pangkal kakinya. Lobster jantan memiliki penis berupa dua gumpalan daging yang menonjol pada pangkal kaki pertama dari bawah ( ekor ). Sedang pada betina tidak tampak tonjolan itu, namun terdapat lubang pada pangkal kaki ketiga dari bawah dan tidak terdapat kulit keras yang menutupi lubang itu,. Lubang tersebut adalah alat kelaminnya, tempat keluarnya telur telur lobster.

Awalnya memang sedikit susah, lambat laun kita akan dengan mudah membedakannya

Selamat berjuang!!




Tidak ada komentar: