Sabtu, 12 Februari 2011

Mau Pinter Matematika ?? Les Musik Ajah...

Mencari cari cara mengatasi problem Anti Matematik anakku, menuntunku pada satu buku Bunda Lucy tentang Painting Your Children's Future.
Penggagas Smart Talent ini memberiku penyemangat untuk tetap optimis menjadi ibu terbaik buat jagoan sainsku.
Antara Sains dan Matematik biasanya selalu beriringan. Namun anakku justru memesan SMPnya adalah jurusan Sains tapi tak ada pelajaran Matematiknya. Betapa beratnya dia menghafalkan perkalian deret sepuluh pertamanya, apalagi jika berhadapan dengan problem solving.
Jika besok ada ulangan Matematik, semalaman sudah meriang duluan. he he
Sebenarnya ada cara mudahnya menghafal hitungan sulit itu, saat dia beraktifitas (biasanya menendang bola , berlarian teratur , meloncat kursi )dia akan dengan cepat menjawab pertanyaan2ku. Harusnya sudah kutangkap sinyal kearah petunjuk buku itu, gerakannya selalu beraturan,identik dengan musik yang menggunakan irama, tempo, pembangkit semangat dan mood seseorang.
Musik adalah bahasa universal dan otak kanan mengendalikan persepsi dan penciptaan musik.Musik mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan kemampuan matematika dan ilmu sains.
Seorang ahli syaraf Dr. Mark Tramko dari Harvard Medical School membuktikan adanya tumpang tindih pada sel otak yang memproses music, bahasa, logika matematika dan abstract reasoning. Music menciptakan mood atau suasana yang menyenangkan untuk mendukung siswa belajar.
Anakku cepat menghafal sebuah lagu dan gemar mengetukkan kaki dan tangannya mengikuti irama lagu, artinya kecerdasan musiknya berkembang, dengan begitu kemampuan matematikanya bisa diasah dengan bantuan kecerdasan musiknya.
Besok akan mulai kucoba teori menyenangkan ini. Tak mengapa mengiringinya belajar dengan mendengarkan musik kesukaannya, asalkan teori itu membuktikan benar, aku akan merekomendasikannya untuk kalian.
Btw....untukku yang tak pernah bisa menghafal lagu satupun, bisa nggak ya dibuat teori terbalik ??
Perlu dicoba juga...

Tidak ada komentar: