Selasa, 23 November 2010

CERDIK

Wajahnya yang kuyu, memerah dan tenang berjalan cukup memberiku sinyal ada yang tak beres dengannya. Benar juga, suaranya lirih mengeluh," Pusing Ma..".
Spontan kuraih dia dalam pelukku, kasian banget, pasti kecapekan setelah seharian kemarin menghabiskan hari Minggunya dengan sang Ayah.
Setelah melahap sepotong burger dan teh hangat, kuberi obat penurun panas. Aku ingat, pagi tadi hanya setengah roti dan segelas susu yang mengisi sarapan paginya, pantas dia mengeluh pusing, energinya tak mencukupi nutrisi otaknya menghadapi Matematika, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.
Jangan jangan hari ini remidial matematikanya yang ketiga, atau remidial Bahasa Inggrisnya yang kedua.
Nilai 33 untuk Matematika dan 20 Bahasa Inggrisnya membuatnya dituntut menyelesaikan perbaikan nilai untuk kali ke tiga, setelah seminggu yang lalu remidi ke duanya hanya naik sekitar sepuluh poin, 46 dan 30.
Nilainya yang gak stabil

Setengah jam kemudian dengan Tom & Jerry, aku menemaninya menunggu reaksi penurun panas yang telah  ku berikan tadi, Alhamdulillah...sudah mulai keluar celotehnya...
" Ma, lucu tadi si Adit, masa Bahasa Indonesia bisa dapat nilai 15, padahal itu pelajajaran paling gampang...", katanya mulai ber api2..
" Kenapa ? Remidi Bahasa Indonesia ?" Jawabku bersemangat juga..
" Enggak sih... hanya LK saja, disuruh menjelaskan tentang 'Surat', pertanyaannya begini ;" Disebut apakah yang mengirimkan surat ?", Adit menjawabnya " Tukang Pos..
" Siapakah yang mengirim surat ?, di jawab ' Kantor Pos..
"Apa saja isi surat ? di jawab " Pernikahan, ulang tahun dan pengajian...
" He he... payah si Adit...", Mukanya berseri mentertawakan sang teman yang konyol itu...
Setahuku pelajaran itu adalah pelajaran yang dia favoritkan, karena paling gampang.
Kulihat dia menunggu reaksiku, wajahnya masih terlihat menunggu, aku sedikit curiga, maka tanpa jeda aku buru2 bertanya : " Lha Ihsan dapat berapa ? "
Dengan muka lucunya, masih dengan senyum cerianya dia lantang menjawab, '' 20...hebat kan ??  masih lebih bagus dari Adit.....
He he

Tidak ada komentar: